Monday, March 14, 2016

Sejarah Lengkap Tentang Situs WIKIPEDIA


http://rusianawulandari.blogspot.com/2016/03/sejarah-lengkap-tentang-situs-wikipedia.html
Sekarang ini, hampir semua orang yang menghabiskan waktunya di internet pernah mendengar nama Wikipedia. Wikipedia sendiri adalah kamus atau ensiklopedia raksasa online yang bahkan digunakan oleh Google untuk informasinya. Tapi bagaimana asal mula dan sejarahnya hingga sebesar sekarang ini?

RINGKASAN SINGKAT WIKIPEDIA
Wikipedia sebenarnya lahir dari sebuah proyek yang dikenal dengan nama Nupedia, yang didanai oleh Bomis.com, sebuah perusahaan bersama yang dimiliki oleh Jimmy Wales, Michael Davis and Tim Shell. Jimmy Wales sendiri adalah pendiri dari Wikipedia.

Tapi jika kita membicarakan Wikipedia dan Nupedia, ada 1 orang yang berperan penting dalam pengembangannya di kemudian hari. Orang itu adalah Larry Sanger. Di tahun 2000, sesudah mendengar kata "ensiklopedia kolaboratif dan gratis", Larry menghubungi Jimmy untuk mengenal lebih dalam mengenai proyek tersebut. Jimmy akhirnya meminta Larry untuk memimpin seluruh proyek tersebut. Larry dan Jimmy mencetuskan ide untuk menggunakan teknologi wiki untuk mengembangkan Wikipedia.

Pada akhirnya, pengaruh dan kerja keras Larry digabungkan dengan visi Jimmy akhirnya menjadi salah satu proyek ensiklopedia paling sukses dan dermawan yang pernah diketahui dunia sekarang ini, yaitu Wikipedia. Berikut video singkat mengenai asal mula dan sejarahnya.

SEJARAH WIKIPEDIA
Pada saat Nupedia didirikan pada tahun 2000, idenya adalah sebuah ensiklopedia online yang isinya ditulis oleh orang-orang ahli yang dicek kembali oleh orang-orang ahli tersebut. Tetapi ada masalah terkait atas hal itu, yakni lambatnya produksi. Tidak lama setelah berdirinya Nupedia, Jimmy Wales dan Larry Sanger memiliki ide untuk menggunakan teknologi wiki yang memperbolehkan orang untuk membuat dan memperbarui sebuah informasi, mereka menamakan proyek itu Wikipedia.

Dalam waktu 3 tahun, Wikipedia telah menghasilkan 20.000 informasi sedangkan Nupedia hanya 24 informasi atau artikel. Hal ini membuat Jimmy Wales terkejut dan merasa Wikipedia jauh lebih baik dibandingkan Nupedia, oleh karena itu ia mulai fokus untuk mengembangkan Wikipedia dan mengucapkan selamat tinggal ke Nupedia. Larry Sanger yang melihat hal ini, juga mendukung pengembangan Wikipedia tetapi ia melihat bahwa Wikipedia memiliki kelemahan dan akhirnya keluar pada tahun 2002.



http://rusianawulandari.blogspot.com/2016/03/sejarah-lengkap-tentang-situs-wikipedia.html



Kelemahan dari Wikipedia yang dilihat Sanger-pun muncul, yang dimana Wikipedia dilihat tidak memiliki kredibilitas terkait atas keakuratan informasinya.  Oleh karena itu-lah sejak awal didirikannya, Wikipedia telah memblokir banyak alamat IP karena informasi mereka yang melanggar kebijakan Wikipedia.

Walaupun begitu, dengan menggunakan teknologi yang memperbolehkan orang untuk membuat, memperbarui dan mendiskusikan sebuah artikel, Wikipedia telah menjadi ensiklopedia atau kamus online dunia yang paling besar sekarang ini.

Sejak April 2013, Wikipedia telah memiliki sekitar 26 juta artikel dalam 285 bahasa yang ditulis oleh 39 juta user yang terdaftar dan berbagai orang anonimus yang tidak dikenal dari belahan dunia. Berdasarkan peringkat Web Alexa, Wikipedia adalah website terpopular nomor 6 yang telah dikunjungi oleh 12% dari seluruh pengguna Internet dengan 80 juta pengunjung setiap bulannya dan itu hanya dari perhitungan Amerika.

Berdasarkan statistik dan perkembangan Wikipedia sekarang ini, Wikipedia akan terus dapat berkembang dengan baik. Hal ini juga tidak lepas dari donasi yang telah dikeluarkan orang-orang dari berbagai belahan dunia untuk mendukung ensiklopedia online raksasa ini agar tetap gratis dan bebas dari iklan. Laporan juga membuktikan bahwa donasi tersebut terus berkembang sampai sekarang.

Mungkin impian Jimmy Wales agar Wikipedia dapat memiliki semua informasi terkait atas pengetahuan manusia akan dapat tercapai.


http://rusianawulandari.blogspot.com

Mimpi yang selalu ku impikan

Dan Semoga Allah ridho, senantiasa memberi kekuatan dan keberkahan. Semoga Allah ridho, menjadikan nya bukan lagi sekedar mimpi, ...

Allah is Always with me